Meditasi Santai di Tengah Aktivitas Harian

Meditasi Santai di Tengah Aktivitas Harian

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Hidup di zaman kiwari berarti pula hidup di dunia yang begitu sibuk. Di tengah kesibukan yang semakin menggila, ketenangan jiwa tentu menjadi hal yang penting.

Meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan itu. Dengan meditasi, seseorang melepaskan pikiran dan kecemasannya akan berbagai hal.

Umumnya, meditasi dilakukan dengan cara duduk bersila dan mata tertutup. Anda akan diminta untuk mengatur pernapasan secara perlahan.


Namun, meditasi tak selamanya harus dilakukan dengan cara yang sama. Ada banyak hal dalam aktivitas harian yang dianggap sebagai bentuk meditasi. Sebut saja pengalaman menghirup secangkir kopi pagi.
"Kini, kita sering lupa bahwa kita bisa mendapatkan kedamaian dan ketenangan kapan pun itu, tak peduli betapa sibuknya kita," ujar Carla Marie Manly, seorang psikolog klinis sekaligus pelatih yoga, mengutip Elite Daily.

Dengan kata lain, banyak dari manusia di zaman kiwari yang lupa untuk menikmati setiap momen yang ada. Padahal, kata Manly, setiap momen bisa menjadi sesuatu yang meditatif. 

Berikut beberapa aktivitas harian yang bisa menjadi sarana meditasi.

1. Mencuci piring

Jangan berpikir bahwa mencuci piring adalah pekerjaan yang menyebalkan. Gabrielle Freire, seorang terapis, terbiasa menjadikan aktivitas mencuci piring sebagai salah satu sarana meditasi.

Caranya, Freire memusatkan fokusnya pada tugas mencuci piring yang harus diselesaikannya. "Saya hanya melihat piring yang saya cuci. Saya juga memperhatikan gerak bulat yang saya buat. Biarkan itu bergerak lambat dan berirama," kata dia.
Tak cuma itu, Freire juga memperhatikan detail-detail yang lain, seperti gelembung-gelembung air yang bermunculan.

2. Meminum kopi

Apakah Anda pernah membiarkan diri sepenuhnya untuk menikmati secangkir kopi pertama di pagi hari? Atau, apakah justru Anda meneguknya dengan terburu-buru?

Kopi pagi bisa menjadi salah satu bentuk meditasi. Ahli psikologi, Jodi Ashbrook, terbiasa bermeditasi dengan secangkir kopi pagi.

Dalam meditasinya, Ashbrook akan 'melupakan' sejenak surat-surat elektronik yang masuk, dan fokus untuk menghirup aroma kopi. 

"Anda hanya perlu memberikan waktu 10-15 menit setiap hari untuk menikmati kopi, tanpa ada gangguan dari luar," kata Ashbrook.

3. Bermain dengan binatang peliharaan

Hewan peliharaan akan membuat hidup Anda 10 ribu kali lebih baik. Dengan begitu, hewan peliharaan bisa menjadi sarana meditasi harian.
Bawa saja hewan peliharaan seperti anjing atau kucing berjalan-jalan di pagi hari. Tinggalkan ponsel dan hal-hal lain yang mengganggu. Cukup rasakan tanah yang Anda injak dan dengarkan suara napas hewan peliharaan.

4. Mandi

Mandi dengan mudah bisa menjadi sarana meditasi yang menenangkan. "Tutup mata saat membersihkan tubuh Anda," kata Sarah Moe, ahli psikologi yang lain. Anda bisa merasakan setiap inci kulit, tulang, dan lekukan tubuh.

Ambil napas dalam-dalam dan cium aroma sabun. Fokus dan jangan biarkan pikiran mengembara ke mana-mana.

5. Meracik makan malam

Jangan salah, meski terkesan sibuk, tapi meracik makan malam bisa menjadi salah satu bentuk meditasi yang menyenangkan. Namun, jangan kerjakan tugas lain saat memasak.

"Bersabarlah menunggu masakan matang, cium aroma bumbu-bumbu yang dipakai," kata 






























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Gaya Hidup 2049843194340945444

Post a Comment

item