Janji perhatikan industri kreatif, menkeu kaji besaran pajak termasuk untuk penulis



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta kepada Dirjen Pajak dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) memahami aspirasi para penulis yang mengeluhkan soal tingginya ketetapan pajak bagi profesi tersebut. Belum lama ini, penulis Tere Liye mengeluhkan tingginya pajak dan memutuskan menarik puluhan judul bukunya dari penerbit. Keluhan yang sama juga disampaikan penulis Supernova, Dee Lestari.

Menkeu mengatakan telah memperhatikan dan membaca dengan teliti apa yang disampaikan para penulis. "Saya telah meminta kepada jajaran Direktorat Jenderal Pajak dan BKF untuk bisa memahami aspirasi itu apa yang menjadi persoalan," jelasnya usai menghadiri Diklat Komunikator Politik Partai Golkar di Hotel Sultan,Jakarta, Jumat (8/9) malam.

Persoalan itu, menurutnya, juga berkaitan dengan sistem administrasi. Dia meminta agar dilakukan kajian apakah sistem administrasi bisa dibuat lebih sederhana sehingga memudahkan pembayaran pajak.

Keluhan penulis juga ada yang berhubungan dengan masalah rate atau tarif pajak yang dinilai tinggi. Terkait tarif pajak, karena diatur dalam UU, maka Kementerian Keuangan tidak bisa langsung menurunkan, kecuali ada persetujuan DPR untuk melakukan revisi. 

"Kecuali nanti dari DPR dan kami bisa mengajukan UU untuk bisa membahas berapa rate dari income tax yang dianggap baik untuk Indonesia. Ada juga aspek yang berhubungan dengan posisi dari pemerintah atau negara untuk menghargai karya-karya kreatif," jelasnya.

"Jadi hal-hal ini nanti akan saya lihat dan minta kepada tim untuk mengkaji kalau memang ada di dalam peraturan perundang-undangan untuk bisa kita lakukan," sambungnya. 

Intinya kata Menkeu, pemerintah tetap mendukung kerja kreatif termasuk profesi penulis. "Untuk hal-hal yang sifatnya kreatif itu perlu mendapatkan support. Supportnya bisa kita lihat dari berbagai aspek, bisa pajak bisa treatment yang lain," jelasnya.

(Merdeka.com)

Related

Berita Ekonomi 4789960462665243716

Post a Comment

item