Makanan Berserat Cegah Gigi Berlubang, Kenapa?


Ini Alasan Buah dan Sayuran Jelek Harus Dimakan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah bisa membantu untuk mencegah risiko gigi berlubang, kata drg Ratu Mirah Afifah.

"Makanan yang berserat merangsang kelenjar ludah diproduksi lebih banyak yang bisa menetralkan derajat keasaman dalam mulut dan mencegah gigi berlubang," kata Ratu dalam konferensi pers Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017 di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan kelenjar ludah atau saliva akan diproduksi lebih banyak apabila gerakan mengunyah pada rahang juga dilakukan lebih banyak.

Ratu memaparkan penyebab menurunnya kadar keasaman dalam mulut bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula terlebih bertekstur lengket. Derajat keasaman pada mulut yang rendah, yakni di bawah pH kritis 5,5 bisa melarutkan lapisan email pada gigi.

"Mengonsumsi camilan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula, terutama yang lengket dapat menurunkan derajat keasaman mulut. Setelah konsumsi makanan yang manis, derajat keasaman mulut turun hingga di bawah pH kritis 5,5 dalam hitungan menit, dan tetap rendah hingga satu jam," kata Ratu.

(Liputan6)

Related

Info Unik 5933711043253299265

Post a Comment

item